Modul 1 : Dasar-dasar C++
1. Sebutkan 3 ciri umum Object-Oriented Programming !
2. Dasar unit enkapsulasi dalam C++ adalah _________
3. Output dari program berikut setelah diekseskusi adalah :
#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
cout << "C++ is power programming.";
return 0;
}
4. Apa gunanya ditambahkan include <iostream> ?
5. Perintah mendeklarasikan variable panjang bertipe integer adalah _____________
6. Perintah menyimpan nilai 10 ke variable panjang adalah ________________
7. Apakah operator input C++ ?
8. Apakah arti ‘\n’ ?
9. Mengapa identifier berikut salah :
int bilangan bulat;
10. Apakah Indeks dan indeks adalah identifier yang sama?
Jawaban Modul 1
1. abstraksi, polimorfisme, dan pewarisan.
2. konsep dari enkapsulasi yaitu merupakan perluasan dalam struktur bahasa C. memastikan sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak.
3. C++ power programing.
4. kegunaan dari include <iostream> yaitu untuk mendeklarasikan suatu library dan digunakan untuk memberitahukan preprocesor kompiler untuk menyertakan header file standar iostream.
5. int panjang;
6. panjang = 10;
7. Cin.
8.karakter baris baru.
9. hal ini karena setiap identifier selalu diawali dengan huruf atau dipisahkan dengan garis bawah.
10. tidak sama.
Modul 2 : Tipe Data dan Operator
1. Apakah perbedaan antara sign dan unsigned untuk integer?
2. Apakah arti dari void ?
3. By default, 123.45 apakah float atau double ?
4. Berikan contoh literal (konstan) heksadesimal dan octal !
5. Apa perbedaan antara “W” dan ‘W’ ?
6. Berilah contoh deklarasi variable bertipe int sekaligus diberi nilai 10 !
7. Berikan pernyataan C++ untuk menggantikan operator i++ !
8. Apa perbedaan operator “=” dan operator “==” ?
9. Tulislah sebuah pernyataan untuk member nilai 100 pada variable x, y dan z!
10. Sebutkan 3 operator logik !
Jawaban Modul 2
1.perbedaan antara sign dan unsigned yaitu tipe unsigned akan menyebabkan nilai yang ada di dalamnya selalu bernilai positif. sedangkan, tipe sign merupakan default dari tipe - ntipe dasar, yang menyatakan data dapat bernilai positif atau negatif.
2.arti void yaitu dalam ssuatu program apabila tidak ada nilai yang akan dikembalikan maka dapat digunakan tipe void.
3.float
4.
5. perbedaannya yaitu jika menggunakan tanda petik tunggal apabila dalam seluruh variabel yang memiliki data string dan dalam strin tersebut akan di deklarasikan / dicetak nama variabel itu sendiri.
6.int b = 10;
7.
8. double equas (= =) bisa digunakan untuk membandingkan pembeda, sehingga tombol bisa menjalankan perintah simpan atau ubah tergantung variabel mana yang hidup atau tombol mana yang di clik. sedangkan, simnggle equal (=) bisa digunakan untuk mendeklarasikan suatu nilai dari sebuah variabel. contohnya int a =5; maka a nilainya adalah lima.
9.
10. And (dan), Or (atau), dan Not (negasi).
Modul 3 : Pernyataan Kontrol Program
1. Tulislah bentuk pernyataan if – else dalam C++
2. Apakah pernyataan if berikut diperbolehkan ?
If (nilai) cout << “Hasil pilihanku = “ << nilai;
3. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10)
if (nilai == 9);
else cout << "Nilaiku = " << nilai;
else cout << "Nilaiku = " << nilai + 1;
4. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10);
else if (nilai == 9);
else cout << "Nilaiku = " << nilai;
5. Apakah output dari potongan program berikut :
int bilangan = 1;
switch (bilangan) {
case 1 : cout << "Bilangan 1" << '\n';
case 2 : cout << "Bilangan 2" << '\n';
break;
default : cout << "Bilangan 3" << '\n';
}
6. Apakah output dari potongan program berikut :
for (int i=10; i >= 15; i++)
cout << "i = " << i << endl;
7. Apakah output dari potongan program berikut :
int panjang = 13;
while (panjang >= 10 && panjang < 20) {
cout << "Panjang = " << panjang << endl;
panjang --;
}
Jawaban Modul 3
1. pernyataan if-else dalam C++ yaitu:
if (else- condition)
statement1
else
statement2
2. tidak bisa karena sebelum cout harus ada tanda kurung kurawal.
3. nilaiku =11
4. nilaiku=10
5. Bilangan 1
Bilangan 2
6. No output.
7. Panjang=13
Panjang=12
Panjang=11
Panjang=10
Modul 4 : Array, String dan Pointer
1. Buatlah deklarasi variable array satu dimensi dengan nama Contoh yang bertipe int dengan
maksimal data sebanyak 10.
2. Berilah nilai tiap indeks array Contoh di atas dengan nilai 0 menggunakan salah satu pernyataan
perulangan.
3. Dalam C++, indeks array mulai dari _______
4. Perbaikilah kesalahan (error) dari pernyataan C++ di bawah ini :
int a[10], b[10];
…
a = b;
yaitu deretam pernyataan untuk menyalin semua isi dari array b ke array a.
5. Tulislah deklarasi array dua dimesin nums berukuran sesuai gambar di bawah ini !
6. Dengan menggunakan perulangan for isilah elemen array nums sesuai dengan gambar di atas !
7. String dapat dipandang sebagai karakter array atau pointer ke karakter. Tulislah deklarasi array
menggunakan 2 istilah tersebut, untuk menampung maksimal 10 karakter !
8. Buatlah deklarasi sekaligus inisialisasi string yang digunakan untuk menyimpan string
“Universitas”.
9. String S berisi “ilmu”. Apa output dari :
cout << S[4];
10. Diberikan potongan program C++ berikut :
char str[40];
cout << “Masukkan string : “;
cin >> str;
cout << str;
Dari keyboard, user memasukkan :
Masukkan string : Aku senang.
Output dari program di atas adalah : ___________
Jawaban Modul 4
1.int i [10]={8,9,11,10,7,4,11,14,6,9)
2.int contoh[10]=(10);
for(a<0; a<10;a++)
{
cout<<"kolom"<<[a]<<"="conoth[a]<<endl;
}
return 0;}
3. dimulai dari angka 0
4.int a, b;
int[i]=10;
int[j]=10;
for(a=0,b=0,a<10,b<10,a++,b++)
cout<<"nilai=";cin>>i[b];}
for(d=0,c=0,d<10,c<10,d++,c++){
i[a]=j[b];
cout<<j[b];
5.int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
6.int x,y;
int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
for(x=0;x<=3;m++){
for(y=0;y<=4;n++){
cout<<" "<<[a][b]<<" ";
}}
7.char tempat[10];
8.int (){
int string[0]='U'; int string[1]='N'; int string[2]='I'; int string[3]='V'; int string[4]='E'; int string[5]='R'; int string[6]='S'; int string[7]='I'; int string[8]='T'; int string[9]='A'; int string[10]='S';
9. tidak tampil karena ilmu hanya memiliki (0,1,2,3) indeks.
10. aku
1. Sebutkan 3 ciri umum Object-Oriented Programming !
2. Dasar unit enkapsulasi dalam C++ adalah _________
3. Output dari program berikut setelah diekseskusi adalah :
#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
cout << "C++ is power programming.";
return 0;
}
4. Apa gunanya ditambahkan include <iostream> ?
5. Perintah mendeklarasikan variable panjang bertipe integer adalah _____________
6. Perintah menyimpan nilai 10 ke variable panjang adalah ________________
7. Apakah operator input C++ ?
8. Apakah arti ‘\n’ ?
9. Mengapa identifier berikut salah :
int bilangan bulat;
10. Apakah Indeks dan indeks adalah identifier yang sama?
Jawaban Modul 1
1. abstraksi, polimorfisme, dan pewarisan.
2. konsep dari enkapsulasi yaitu merupakan perluasan dalam struktur bahasa C. memastikan sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak.
3. C++ power programing.
4. kegunaan dari include <iostream> yaitu untuk mendeklarasikan suatu library dan digunakan untuk memberitahukan preprocesor kompiler untuk menyertakan header file standar iostream.
5. int panjang;
6. panjang = 10;
7. Cin.
8.karakter baris baru.
9. hal ini karena setiap identifier selalu diawali dengan huruf atau dipisahkan dengan garis bawah.
10. tidak sama.
Modul 2 : Tipe Data dan Operator
1. Apakah perbedaan antara sign dan unsigned untuk integer?
2. Apakah arti dari void ?
3. By default, 123.45 apakah float atau double ?
4. Berikan contoh literal (konstan) heksadesimal dan octal !
5. Apa perbedaan antara “W” dan ‘W’ ?
6. Berilah contoh deklarasi variable bertipe int sekaligus diberi nilai 10 !
7. Berikan pernyataan C++ untuk menggantikan operator i++ !
8. Apa perbedaan operator “=” dan operator “==” ?
9. Tulislah sebuah pernyataan untuk member nilai 100 pada variable x, y dan z!
10. Sebutkan 3 operator logik !
Jawaban Modul 2
1.perbedaan antara sign dan unsigned yaitu tipe unsigned akan menyebabkan nilai yang ada di dalamnya selalu bernilai positif. sedangkan, tipe sign merupakan default dari tipe - ntipe dasar, yang menyatakan data dapat bernilai positif atau negatif.
2.arti void yaitu dalam ssuatu program apabila tidak ada nilai yang akan dikembalikan maka dapat digunakan tipe void.
3.float
4.
5. perbedaannya yaitu jika menggunakan tanda petik tunggal apabila dalam seluruh variabel yang memiliki data string dan dalam strin tersebut akan di deklarasikan / dicetak nama variabel itu sendiri.
6.int b = 10;
7.
8. double equas (= =) bisa digunakan untuk membandingkan pembeda, sehingga tombol bisa menjalankan perintah simpan atau ubah tergantung variabel mana yang hidup atau tombol mana yang di clik. sedangkan, simnggle equal (=) bisa digunakan untuk mendeklarasikan suatu nilai dari sebuah variabel. contohnya int a =5; maka a nilainya adalah lima.
9.
10. And (dan), Or (atau), dan Not (negasi).
Modul 3 : Pernyataan Kontrol Program
1. Tulislah bentuk pernyataan if – else dalam C++
2. Apakah pernyataan if berikut diperbolehkan ?
If (nilai) cout << “Hasil pilihanku = “ << nilai;
3. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10)
if (nilai == 9);
else cout << "Nilaiku = " << nilai;
else cout << "Nilaiku = " << nilai + 1;
4. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10);
else if (nilai == 9);
else cout << "Nilaiku = " << nilai;
5. Apakah output dari potongan program berikut :
int bilangan = 1;
switch (bilangan) {
case 1 : cout << "Bilangan 1" << '\n';
case 2 : cout << "Bilangan 2" << '\n';
break;
default : cout << "Bilangan 3" << '\n';
}
6. Apakah output dari potongan program berikut :
for (int i=10; i >= 15; i++)
cout << "i = " << i << endl;
7. Apakah output dari potongan program berikut :
int panjang = 13;
while (panjang >= 10 && panjang < 20) {
cout << "Panjang = " << panjang << endl;
panjang --;
}
Jawaban Modul 3
1. pernyataan if-else dalam C++ yaitu:
if (else- condition)
statement1
else
statement2
2. tidak bisa karena sebelum cout harus ada tanda kurung kurawal.
3. nilaiku =11
4. nilaiku=10
5. Bilangan 1
Bilangan 2
6. No output.
7. Panjang=13
Panjang=12
Panjang=11
Panjang=10
Modul 4 : Array, String dan Pointer
1. Buatlah deklarasi variable array satu dimensi dengan nama Contoh yang bertipe int dengan
maksimal data sebanyak 10.
2. Berilah nilai tiap indeks array Contoh di atas dengan nilai 0 menggunakan salah satu pernyataan
perulangan.
3. Dalam C++, indeks array mulai dari _______
4. Perbaikilah kesalahan (error) dari pernyataan C++ di bawah ini :
int a[10], b[10];
…
a = b;
yaitu deretam pernyataan untuk menyalin semua isi dari array b ke array a.
5. Tulislah deklarasi array dua dimesin nums berukuran sesuai gambar di bawah ini !
6. Dengan menggunakan perulangan for isilah elemen array nums sesuai dengan gambar di atas !
7. String dapat dipandang sebagai karakter array atau pointer ke karakter. Tulislah deklarasi array
menggunakan 2 istilah tersebut, untuk menampung maksimal 10 karakter !
8. Buatlah deklarasi sekaligus inisialisasi string yang digunakan untuk menyimpan string
“Universitas”.
9. String S berisi “ilmu”. Apa output dari :
cout << S[4];
10. Diberikan potongan program C++ berikut :
char str[40];
cout << “Masukkan string : “;
cin >> str;
cout << str;
Dari keyboard, user memasukkan :
Masukkan string : Aku senang.
Output dari program di atas adalah : ___________
Jawaban Modul 4
1.int i [10]={8,9,11,10,7,4,11,14,6,9)
2.int contoh[10]=(10);
for(a<0; a<10;a++)
{
cout<<"kolom"<<[a]<<"="conoth[a]<<endl;
}
return 0;}
3. dimulai dari angka 0
4.int a, b;
int[i]=10;
int[j]=10;
for(a=0,b=0,a<10,b<10,a++,b++)
cout<<"nilai=";cin>>i[b];}
for(d=0,c=0,d<10,c<10,d++,c++){
i[a]=j[b];
cout<<j[b];
5.int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
6.int x,y;
int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
for(x=0;x<=3;m++){
for(y=0;y<=4;n++){
cout<<" "<<[a][b]<<" ";
}}
7.char tempat[10];
8.int (){
int string[0]='U'; int string[1]='N'; int string[2]='I'; int string[3]='V'; int string[4]='E'; int string[5]='R'; int string[6]='S'; int string[7]='I'; int string[8]='T'; int string[9]='A'; int string[10]='S';
9. tidak tampil karena ilmu hanya memiliki (0,1,2,3) indeks.
10. aku
Comments
Post a Comment